Silahkan Klik

Rabu, 07 Maret 2012

JENIS - JENIS METODE PEMBELAJARAN


Metode selalu digunakan dalam setiap proses kegiatan belajar mengajar selama dunia pendidikan berlangsung. Dalam dunia pendidikan, terutama proses belajar mengajar di kelas, guru tidak bisa lepas meninggalkan metode dalam mengajarnya. Metode pembelajaran dapat diartikan suatu cara yang digunakan seorang guru dalam melaksanakan tugas mengajar. Peranan metode dalam proses pembelajaran sangat penting dalam pencapaian tujuan pembelajaran. Interaksi belajar mengajar guru sebagai pembimbing, pengajar atau pendidik agar peserta didik mempunyai perhatian penuh pada materi pembelajaran perlu digunakan berbagai cara agar mencapai tujuan yang diinginkan. Metode pembelajaran bentuk dan jenisnya bermacam-macam serta penerapannya pun bervariasi, sesuai dengan materi ajar yang diberikan.
Jenis-jenis metode pembelajaran yang sudah banyak digunakan dalam proses belajar megajar antara lain:
-        Metode ceramah (leacturing methode)
Dalam dunia pendidikan metode ceramah digunakan oleh seorang guru dalam penyampaian materi pembelajaran untuk memberi keterangan, informasi atau penjelasan agar peserta didik memahami persis seperti yang disampaikan gurunya. Metode ceramah adalah metode yang paling sering digunakan dalam proses pembelajaran. Metode ini dianggap paling murah dan paling mudah dilaksanakan, karena tidak membutuhkan persiapan yang matang.
Banyak ahli pendidikan modern yang menganggap bahwa metode ceramah termasuk metode yang kurang bermutu, karena metode ini mempunyai kecenderungan membrangus peserta didik, cenderung membuat pasif dan tidak kreatif. Lebih-lebih jika guru tidak mempunyai ketrampilan berbicara yang cukup bagus. Walaupun metode ini dianggap bukang baik untuk digunakan dalam proses pembelajaran, namun kenyataannya dalam setiap melakukan pembelajaran guru tidak pernah ada yang meninggalkan metode ceramah. Sekalipun guru menggunakan metode yang lainnya, tetap menggunakan metode ceramah, pada pertemuan awal untuk memberi informasi atau keterangan mengenai tata kerja metode yang akan digunakan tersebut. Jika dalam proses pembelajaran sampai menghilangkan metode ceramah, maka akan muncul kebisuan dan ketidakjelasan arah dalam setiap proses pembelajaran.
Pelaksanaan metode ceramah menempuh prosedur sebagai berikut:
1. guru menjelaskan tujuan dan topic yang akan diajarkan.
2. memberi motivasi belajar dengan berbagai kegiatan seperti:
a. ungkapan –ungkapan verbal yang dapat memberikan suasana senang, humor dan sebagainya.
b. Menyajikan petunjuk (demonstrasi)yang sesuai, seperti dengan alat – alat gambar, slide, film, in focus ataupun trasparansi.
3. memberikan penjelasan singkat tentang materi atau sub materi pembelajaran dalam garis besar (dengan ceramah).
4. menyelingi kuliah dengan berbagai contoh dan Tanya jawab.
5. setelah ceramah, dapat dilakukan diskusi tentang masalah yang dipelajari.
6. untuk materi pembelajaran memantapkan dapat diberikan tugas atau kegiatan inquiry dan discovery.
7. dilakukan evaluasi dengan prosedur dan teknik tertentu.
-       Metode tanya jawab (questionary methode)
Metode tanya jawab dipakai dalam proses pembelajaran tetap masih menggunakan lisan sebgai alat komunikasinya. Metode tanya jawab adalah metode yang menggunakan seperangkat pertanyaan baik pertanyaan dari guru maupun dari peserta didik, yang terpusat pada masalah bahan ajar yang dibahas. Metode ini digunakan tidak lepas dari metode lain, yaitu cemarah dan pemberian tugas, yaitu peserta didik diberi tugas membaca dahulu materi yang ada sudah tertulis dalam bacaan atau buku teks. Jika penjelasan dari guru secukupnya dilakukan dan proses pembacaan materi selesai, baru dibuka dengan tanya jawab, secara timbal balik.
Metode tanya jawab identik dengan probing-prompting yakni pembelajaran dengan cara guru menyajikan serangkaian petanyaan yang sifatnya menuntun dan menggali sehingga terjadi proses berpikir yang mengaitkan engetahuan sisap siswa dan engalamannya dengan pengetahuan baru yang sedang dipelajari. Selanjutnya siswa memngkonstruksiu konsep-prinsip-aturan menjadi...

selengkapnya..download disini..

0 komentar:

Posting Komentar