Tes obyektif merupakan tes tertulis
yang itemnya dapat dijawab dengan memilih jawaban yang sudah tersedia.
Kelebihan Tes Obyektif :
a) Reabilitynya lebih tinggi
dibandingkan dengan test easy, karena penilaianya bersifat objektif.
b) Pemberian nilai lebih cepat dan
mudah karena tidak menuntut mempunyai keahlian khusus.
c) Untuk menjawab tes ini tidak
dibutuhkan banyak waktu.
d)Objekti test tidak memperdulikan
penguasaan bahasa, sehingga mudah dilaksanakan.
e) Validity test objektif lebih
tinggi dari essay test, karena samplingnya lebih luas.
Kekurangan Tes Obyektif :
a)Murid sering menerka-nerka dalam
memberikan jawaban, karena mereka belum menguasai bahan pelajaran tersebut.
b) Tidak biasa mengajak murid untuk
berpikir taraf tinggi.
c) Banyak memakan biaya, karena
lembaran item- item test harus sebanyak jumlah pengikut tes.
Berdasarkan bentuknya, tes obyektif dapat digolongkan
sebagai berikut :
- Benar
atau Salah
Kelebihan soal benar atau yaitu :
a) Soal ini baik untuk hasil- hasil,
dimana hanya ada dua alternative jawaban.
b) Tuntutan kurang ditekankan pada
kemampuan baca.
c) Sejumlah soal relative dapat
dijawab dalam tipe test secara berkala.
d) Penilaian mudah, objektif dan
dapat dipercaya.
Kekurangan soal benar atau salah yaitu :
a) Sulit menuliskan soal diluar
tingkat pengetahuan yang bebas dari maksud ganda.
b) Jawaban soal tidak memberikan
bukti bahwa siswa mengetahui dengan baik
c) Tidak ada informasi diagnostic
dari jawaban yang salah.
d) Memungkinkan dan mendorong siswa
untuk menerka-nerka.
- Pilihan
Ganda
Kelebihan soal pilihan ganda yaitu :
a) Hasil belajar yang sederhana
sampai yang komplek dapat diukur.
b) Terstruktur dan petunjuknya
jelas.
c) Alternatif jawaban yang salah
dapat memberikan informasi diagnostik.
d) Tidak dimungkinkan untuk
menerka jawaban.
e) Penilaian mudah, objektif
dan dapat dipercaya.
Kekurangan soal pilihan ganda yaitu :
a) Menyusunnya membutuhkan waktu
yang lama.
b) Sulit menemukan pengacau.
c) Kurang efektif mengukur beberapa
tipe pemecahan masalah, kemampuan untuk mengorganisir dan mengekspresikan ide.
d) Nilai dapat dipengaruhi dengan
kemampuan baca.
- Isian
Kelebihan soal isian yaitu :
a) Sangat mudah dalam penyusunannya.
b) Lebih menghemat tempat (
menghemat kertas ).
c) Persyaratan komprehensif dapat
dipenuhi oleh test model ini.
d)Digunakan untuk mengukur berbagai
taraf kompetensi dan tidak sekedar mengungkap taraf pengenalan atau hafalan
saja.
Kelemahan soal isian yaitu :
a) Lebih cenderung mengungkap daya
ingat atau aspek hafalan saja.
b) Butir- butir item dari test model
ini kurang relevan untuk diajukan.
c) Tester kurang berhati-hati dalam
menyusun kalimat dalam soal.
- Menjodohkan
Kelebihan soal menjodohkan yaitu :
a) Suatu bentuk yang efisien
diberikan dimana sekelompok respon sama menyesuaikan dengan rangkaian isi soal.
b) Waktu membaca dan merespon
relative singkat.
c) Mudah untuk dibuat.
d) Penilaian mudah, objektif dan
dapat dipercaya.
Kekurangan soal menjodohkan yaitu :
a) Materi soal dibatsi oleh faktor
ingatan/ pengetahuan yang sederhana dan kurang dapat dipakai untuk mengukur
penguasaan yang bersifat pengertian dan kemampuan membuat tafsiran.
b) Sulit menyusun soal yang
mengandung sejumlah respon yang homogen.
c) Mudah terpengaruh dengan
petunjuk yang tidak relevan.
- Jawab
Singkat
Kelebihan soal jawab singkat yaitu :
a) Mudah dalam perbuatan.
b) Kemungknan menebak jawaban sangat
sulit.
c) Cocok untuk soal- soal hitungan.
d) Hasil- hasil pengetahuan dapat
diukur secara luas.
Kelemahan soal jawab singkat yaitu :
a) Sulit menyusun kata- kata yang
jawabannya hanya satu.
b) Tidak cocok untuk mengukur hasil-
hasil belajar yang komplek.
c) Penilaian menjemukan da
memerlukan waktu banyak.
Tes Subyektif
Pada umumnya berbentuk tes esai
(uraian) tes bentuk esai adalah sejenis tes kemajuan belajar yang memerlukan
jawaban yang bersifat pembahasan atau uraian kata-kata. Ciri-ciri pertanyaanya
didahului dengan kata-kata seperti, uraikan, jelaskan, mengapa,
bagaimana,bandingkan, simpulkan, dan sebagainya (Arikunto, 2005:162).
Kelebihan tes subjektif yaitu:
a) Lebih respektif mewakili isi
dan luas bahan, lebih objektif, dapat di hindari campur tangannya unsur-unsur
subjektif baik dari segi siswa maupun segi guru yang memeriksa.
b) Lebih mudah dan cepat cara
memeriksanya karena dapat menggunakan kunci tes bahkan alat-alat hasil kemajuan
teknologi.
c) Pemeriksaanya dapat
diserahkan orang lain.
d) Dalam pemeriksaan tidak ada
unsur subjektif yang mempengaruhi.
Kelemahan tes subyektif yaitu :
a) Persiapan untuk menyusun jauh
lebih sulit dari pada tes esai karena soalnya banyak dan harus teliti untuk
menghindari kelemahan-kelamahan yang lain.
b) Soal-soal cenderung untuk
mengungkapkan ingatan dan daya pengenalan kembali saja dan sukar untuk mengukur
proses mental yang tinggi.
c) Banyak kesempatan untuk main
untung-untungan.
d) Kerjasama antarsiswa pada waktu
mengerjakan soal tes lebih terbuka.
Bentuk dari tes subyektif adalah
uraian (eassy). Bentuk ini mempunyai kekurangan dan kelebihan yang diantaranya
adalah :
Kelebihan bentuk eassy adalah :
a) Peserta didik dapat
mengorganisasikan jawaban dengan pendapatnya sendiri.
b) Murid tidak dapat menerka-
nerka jawaban soal.
c) Test ini sangat cocok untuk
mengukur dan mengevaluasi hasil suatu proses belajar yang kompleks yang sukar
diukur dengan mempergunakan test objektif.
d) Derajad ketepatan dan
kebenaran murid dapat dilihat dari kalimat- kalimatnya.
e) Jawaban diungkapakan dalam
kata- kata dan kalimat sendiri, sehingga test ini dapat digunakan untuk melatih
penyusunan kalimat dengan bahasa yang baik, benar, dan cepat.
f) Test ini digunakan dapat
melatih peserta didik untuk memilih fakta yang relevan dengan persoalan, dan
Sukar dinilai secara tepat mengorganisasikannya sehingga dapat mengungkapkan
satu hasil pemikiran yang terintegrasi secara utuh.
Kelemahan bentuk easy adalah :
a) Sukar dinilai secara tepat.
b) Bahan yang diukur terlalu
sedikit, sehingga agak sulit untuk mengukur penguasaan siswa terhadap
keseluruhan kurikulum.
c) Sulit mendapatkan soal yang
memiliki standar nasional maupun internasional.
d) Membutuhkan waktu memeriksa hasilnya.
0 komentar:
Posting Komentar